Universitas Berbasis Riset

Universitas Bandung adalah perguruan tinggi hasil merger dari Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bandung dan Politeknik Kesehatan YBA Bandung yang telah melahirkan banyak lulusan terbaik di bidang administrasi bisnis dan publik untuk STIA Bandung sedangkan Poltekkes YBA Bandung telah banyak mencetak para lulusannya 90 % diterima kerja sebelum lulus, sehingga para lulusan STIA Bandung & Poltekkes YBA Bandung menjadi prioritas unggulan untuk diterima bekerja baik sebagai Pegawai Negeri Sipil, BUMN, BUMD atau membuka lapangan pekerjaan sendiri.

Rektor Universitas Bandung Dr. H.Barkah Rosadi menekankan pentingnya kolaborasi Quadruple Helic , dalam rangka membangun reputasi perguruan tinggi. Sinergi antar berbagai kepentingan itu, menurut Dr. Barkah Rosadi, kunci untuk mensosialisasikan kompetensi dan pencapaian Bandung University, supaya tersampaikan dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Kita harus membuka diri mengenai apa karya dosen yang dapat dimanfaatkan. Ada pengabdian masyarakat dan penelitian, tapi (harus tahu) sejauh mana masyarakat merasakan keberadaan perguruan tinggi, yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” kata Barkah Rosadi dalam Ketika diwawancarai oleh awak media.

Dr. H. Barkah Rosadi menyebut Bandung University atau disingkat Be – U hingga saat ini telah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, masyarakat, dan media massa. ”

Kendati demikian, dia juga menggarisbawahi bahwa pimpinan perguruan tinggi harus membuka akses seluas-luasnya terhadap semua pihak, agar proses komunikasi dan koordinasi berjalan cepat. ”

Ia juga menekankan pentingnya Konsep Quadruple helix dalam Mendorong Inovasi dan Pembangunan Universitas yang Berkelanjutan.

Sebagai universitas yang berkomitmen pada penelitian dan pendidikan berkualitas, kami menyadari bahwa inovasi dan pembangunan berkelanjutan bukanlah upaya yang dapat dilakukan oleh satu pihak saja. Mereka merupakan usaha kolaboratif yang melibatkan sejumlah pihak yang berbeda, dan itulah mengapa kami sangat mendukung konsep Quadruple Helix.

Konsep Quadruple Helix mengakui bahwa pemerintah, industri, akademisi, masyarakat, dan media memiliki peran yang krusial dalam mempromosikan inovasi, pertumbuhan ekonomi, dan perkembangan masyarakat. Di Bandung University, kami berusaha untuk menjadi bagian integral dari ekosistem inovasi ini.

Dengan berkolaborasi dalam kerangka kerja Quadruple Helix, kami yakin bahwa kami dapat menciptakan dampak positif yang lebih besar dalam mendorong inovasi, pertumbuhan ekonomi, dan pembangunan berkelanjutan di Kota Bandung khsusunya. Bandung University akan terus berupaya menjadi mitra yang andal dalam upaya ini.”

Selain itu, Ia juga menambahkan bahwa Visi dari Bandung University yaitu menyelenggarakan proses pendidikan berkualitas tinggi yang mampu menciptakan suasana proses belajar mengajar yang dinamis dan inovatif dengan ilmu pengetahuan terkini.

Dalam proses Penerimaan Mahasiswa Baru Bandung University sudah 100 % digitalisasi, mahasiswa tak perlu membawa berkas hanya perlu mendaftarkan online bisa dimanapun dan kapanpun. Universitas Bandung juga menerapkan hari ini daftar, dan di hari itu juga melakukan ujian saringan masuk.

Hal ini adalah suatu terobosan yang dilakukan Universitas Bandung yang tidak dimiliki perguruan tinggi lainnya. Bandung University yang berlokasi di Kota Bandung ini bekerjasama dengan beberapa universitas baik dalam maupun luar negeri untuk meningkatkan menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan fokus upaya preventif dan promotif.

Tags :  

Komentar